Pentingnya Sistem Informasi Keuangan Sekolah Berbasis Web

shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
Pentingnya Sistem Informasi Keuangan Sekolah Berbasis Web

Pentingnya Sistem Informasi Keuangan Sekolah Berbasis Web

Tahukah Anda manfaat dari sistem informasi keuangan sekolah berbasis web? Jika dulu sistem informasi sekolah lebih sering digunakan secara langsung atau manual kini semakin mudah dan cepat karena tersedia secara online atau berbasis web. Adanya sistem berbasis web tentu akan memudahkan pengelolaan keuangan sekolah terutama di masa pandemi seperti sekarang ini. Semuanya akan lebih mudah dan tetap bisa berjalan meskipun tidak dilaksanakan secara tatap muka. Menurut sebagian peneliti, adanya sistem informasi keuangan untuk sekolah berbasis web sangat tepat digunakan mengingat segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan membutuhkan banyak data.

 

Pengertian Sistem Informasi Keuangan Sekolah Berbasis Web

Sistem ini disajikan khusus untuk Anda yang waktunya habis untuk mengurusi administrasi yang tiada habisnya karena di sekolah banyak sekali yang harus dikerjakan. Beberapa pekerjaan yang paling sering diurus oleh pihak staf administrasi sekolah adalah masalah pembayaran SPP siswa, pendataan jumlah siswa, mencatat pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan sekolah, penggajian karyawan, pencatatan laporan pertanggung jawaban ke pihak yang lebih atas, dan mencatat bantuan yang didapatkan sekolah. meskipun tidak terlihat namun mengurus beberapa hal tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama.

Sistem informasi keuangan secara online dijalankan oleh sebuah aplikasi dan berbasis web. Di dalamnya lengkap dengan modul, tagihan siswa, pembayaran SPP per bulan laporan keuangan, hutang piutang, pengeluaran dan pemasukan, dan masih banyak lagi. Beberapa sekolah sudah berhasil menggunakan software sistem informasi keuangan sekolah berbasis web, dan keberadaan aplikasi ini terbukti mampu mempermudah kinerja para admin sekolah. Kelebihan-kelebihan lain yang diberikan ketika menggunakan sistem informasi sekolah berbasis web adalah:

1. Memudahkan Pekerjaan

Jika sebelumnya merekap keuangan sekolah harus dilakukan dengan manual serta membutuhkan banyak kertas, menggunakan sistem keuangan berbasis web ternyata lebih mudah karena tidak butuh banyak kertas dan bisa langsung dikerjakan melalui komputer. Terdapat kolom otomatis yang bisa digunakan untuk menghitung jumlah debit secara otomatis. Keuangan sekolah akan lebih tertata, pekerjaan tidak seberat sebelumnya, dan lebih berkualitas.

2. Membutuhkan Biaya yang Murah

Awalnya pemakaian sistem informasi keuangan berbasis web memang memerlukan biaya tambahan untuk membeli komputer, memasang internet, dan masih banyak lagi. Namun hal tersebut sebanding dengan tidak adanya pengeluaran lanjutan sehingga Anda akan lebih hemat terutama dalam masa pandemi seperti sekarang ini. Berbagai dokumen penting yang membutuhkan kertas jika menggunakan sistem online tidak akan lagi dilakukan.

3. Data Dapat Diakses Dimanapun

Kelebihan menggunakan sistem keuangan berbasis online atau web adalah bisa diakses dimanapun di tempat terjauh sekalipun. Karena semua sistem bergantung dengan internet. Pihak sekolah bisa mengumumkan mengenai pembayaran atau hal lain dengan mudah melalui aplikasi. Wali murid pun bisa memantau dan mendapatkan informasi lebih cepat tanpa melalui perantara.

4. Bisa Diakses Lebih dari Satu Komputer

Karena aplikasi ini sudah berbasis dengan web, maka Anda bisa mengakses sistem informasi keuangan sekolah melalui banyak komputer. Selain komputer juga bisa melalui tablet, gawai, atau perangkat sejenis lainnya. Jika pada umumnya hanya bisa diakses melalui satu komputer, sekarang bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus datang ke sekolah. meskipun demikian, keamanan sistem tetap terjamin.

 

Cara Memilih Sistem Keuangan Berbasis Web

Untuk mengetahui lebih detail mengenai software sistem informasi keuangan sekolah, Anda bisa mencari informasi melalui internet. Cukup banyak software yang menawarkan pelayanan terbaik untuk masalah keuangan sekolah. Meskipun demikian, tidak semua software keuangan untuk sekolah aman digunakan. Jika salah memilih, Anda bisa saja mendapat software yang tidak aman dan justru merugikan sekolah. Untuk itu, perlu untuk mengetahui cara memiliki sistem informasi keuangan sekolah seperti berikut ini.

1. Pilih Aplikasi yang Mudah Diakses

Pastikan untuk memiliki aplikasi keuangan yang mudah untuk diakses. Aplikasi sistem informasi keuangan sekolah berbasis web, dengan berbasis web maka dapat memudahkan pihak sekolah untuk mengakses data keuangan dimanapun. Selain itu, mudah diakses di sini berarti memiliki waktu loading yang singkat. Pastikan untuk tidak memilih aplikasi atau sistem yang memiliki waktu loading yang lama karena dapat menghambat pekerjaan lain.

2. Tidak Ada Iklan

Beberapa software yang menampilkan banyak iklan memang sangat mengganggu, ciri software yang tidak aman adalah sering dimunculi iklan ketika kita mengakses aplikasi tersebut. untuk menghindari ketidaknyamanan saat mengakses software pilihlah yang benar-benar tidak menampilkan iklan sehingga bisa diakses dengan nyaman dan aman. Ketika Anda mengakses software melalui adminsekolah.net keamanan akan terjamin dan tanpa iklan.

3. Menyediakan Berbagai Fitur tentang Keuangan

Mengatur keuangan bukanlah hal yang mudah. Keuangan memiliki cukup banyak hal yang harus diurus, maka pilihlah software yang menyediakan berbagai fitur tentang keuangan secara lengkap. Biasanya yang dibutuhkan untuk mengurus administrasi keuangan sekolah adalah pembayaran SPP murid, pengeluaran dan pemasukan setiap bulan, anggaran acara sekolah, gaji guru dan pegawai, perekapan bantuan dari pemerintah, dan lain sebagainya. Jika dalam aplikasi terdapat fitur tersebut, maka administrasi sekolah akan lebih terbantu.

 

Kendala yang Dialami Sekolah

Mengetahui cara memilih sistem informasi keuangan sekolah adalah hal yang sangat penting sebelum beralih menggunakan sistem online. Banyak sekali sekolah yang sudah menggunakan software untuk mengatasi masalah keuangan sekolah di masa pandemi. Beberapa sekolah yang tidak menggunakan software kemungkinan memiliki masalah meliputi:

1. Kurangnya Informasi Seputar Perkembangan Sekolah

Meskipun menggunakan sistem keuangan secara offline tidak menjadi suatu masalah, namun jika ada cara mengerjakan administrasi sekolah secara mudah mengapa tidak dipilih? Sekolah yang tidak menggunakan sistem berbasis web atau online pasti belum mengetahui perkembangan mengenai sistem informasi keuangan sekolah online. Diharapkan semua sekolah mengikuti perkembangan agar tidak ketinggalan dan dapat mengatasi masalah keuangan dengan lebih mudah.

2. Fasilitas yang Kurang

Umumnya fasilitas seperti komputer dan sambungan internet adalah hal yang mempengaruhi penggunaan sistem keuangan secara online. Namun, karena sistem informasi beralih menggunakan web fasilitas bukan menjadi alasan utama untuk tidak menggunakan software informasi keuangan sekolah. Semua bisa diakses menggunakan fasilitas pribadi yang lebih cepat dan fleksibel.

Masalah tersebut sebaiknya tidak dijadikan alasan sebuah sekolah tidak menggunakan sistem keuangan berbasis web. Untuk mengetahui lebih detail mengenai sistem ini, Anda bisa mencari informasi mengenai demo atau keterangan yang ada pada website https://adminsekolah.net. Website tersebut adalah laman resmi yang bisa Anda gunakan untuk mencari informasi mengenai administrasi sekolah secara langsung dan cepat.

Selain memberi informasi seputar sistem informasi keuangan sekolah, di adminsekolah.net terdapat presensi online untuk guru dan pegawai yang terhubung langsung dengan GPS sehingga lebih akurat. Selain itu, presensi juga mudah karena dilakukan dengan swafoto. Adminsekolah.net adalah solusi tepat yang bisa dipilih untuk mempermudah manajemen dan administrasi sekolah Anda.

Info Lainnya Hubungi:

Telp/WhatsApp       : wa.me/6281233640003

FB, IG, YT                 : @adminsekolahnet

 

Atau kunjungi demonya dulu di demo.adminsekolah.net/register ! 

Jangan Lewatkan Kesempatan Ini!!!
Promo Hemat Up To 2JUTA
Claim Promo Sekarang
Kouta Terbatas!!!
Tim CS kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!