6 Langkah Sukses Pembelajaran Kooperatif

shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
Apa yang mesti guru lakukan agar pembelajaran ini bisa berhasil di kelasnya ? Tentu saja guru harus melakukan 6 hal berikut ini : 1. Guru mempersiapkan penugasan yang terstruktur dengan tingkat kesulitan yang beragam 2. Guru mesti punya mental menghargai semua hal yang siswa katakan, dengan cara berpikir positif dan yang paling penting sabar. 3. Kelas menjadi tempat yang aman bagi siswa berpendapat. Guru jadi penegak moral bagi siswa yang sukanya mencemooh dan guru mesti hati-hati berkomentar. 4. Guru menjadi penengah saat terjadi konflik dan membekali siswa cara menyelesaikan konflik. 5. Guru jadi orang yang pandai membuat siswa mengingat pengalaman sebelumnya berkenaan dengan topik yang sedang dibahas 6. Siswa diajak untuk bertanggung jawab pada pembelajarannya sendiri. 6 langkah diatas sangat berguna bagi guru yang ingin kelasnnya aktif dan bermakna. Saatnya guru menjadi fasilitator dan tidak hanya sekedar mentransfer pengetahuan saja. #pandemi #dirumahaja #coronavirus #newnormal #edukasi #AdminSekolah #IndowebGroup #AdminSekolahNet #Esekolah #AplikasiSekolah #AplikasiAdministrasiSekolah #SoftwareSekolah #Sekolah #School #Sekolahan #SekolahUnggulan #Indonesia #Guru #KepalaSekolah #Pendidikan #Belajar #Pelajar #SD #SMP #SMA #SMK

Apa yang mesti guru lakukan agar pembelajaran ini bisa berhasil di kelasnya ?
Tentu saja guru harus melakukan 6 hal berikut ini :

1. Guru mempersiapkan penugasan yang terstruktur dengan tingkat kesulitan yang beragam

2. Guru mesti punya mental menghargai semua hal yang siswa katakan, dengan cara berpikir positif dan yang paling penting sabar.

3. Kelas menjadi tempat yang aman bagi siswa berpendapat. Guru jadi penegak moral bagi siswa yang sukanya mencemooh dan guru mesti hati-hati berkomentar.

4. Guru menjadi penengah saat terjadi konflik dan membekali siswa cara menyelesaikan konflik.

5. Guru jadi orang yang pandai membuat siswa mengingat pengalaman sebelumnya berkenaan dengan topik yang sedang dibahas

6. Siswa diajak untuk bertanggung jawab pada pembelajarannya sendiri.

 

6 langkah diatas sangat berguna bagi guru yang ingin kelasnnya aktif dan bermakna. Saatnya guru menjadi fasilitator dan tidak hanya sekedar mentransfer pengetahuan saja.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim CS kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!