Memahami Lebih Dalam Kurikulum Merdeka SMK

shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
memahami Lebih Dalam Kurikulum Merdeka SMK

Pada tahun 2021, Pemerintah Indonesia meluncurkan Kurikulum Merdeka untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai bagian dari upaya reformasi pendidikan. Kurikulum Merdeka SMK bertuuan untuk memberikan kebebasan lebih kepada sekolah dalam merancang kurikulum sesuai dengan kebutuhan lokal dan potensi peserta didik. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK merupakan satuan pendidikan yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten untuk bekerja sesuai dengan keahliannya, bertujuan agar dapat sukses bekerja dalam lingkungan pekerjaan yang relevan.

Salah satu tantangan yang dihadapi oleh SMK dan pemangku kepentingan pendidikan adalah memastikan keterserapan lulusan di dunia kerja. Penguatan keterampilan teknis (hard skills) dan keterampilan non-teknis (soft skill) menjadi kunci utama untuk meningkatkan tingkat keberhasilan penempatan kerja bagi lulusan SMK. Adanya pembelajaran langsung di dunia kerja menjadi suatu kebutuhan bagi peserta didik SMK. Adanya pembelajaran langsung di dunia kerja menjadi suatu kebutuhan bagi peserta didik SMK agar dapat mengasah kompetensi danmemperkuat budaya kerja mereka. Oleh karena itu, perlu adanya kerja sama yang erat antara SMK dan dunia kerja untuk mencapai tujuan ini.

Kegiatan pembelajaran pada SMK di Kurikulum Merdeka ini ada beberapa hal yang berubah terkait pengelompokkan mata pelajaran, jumlah jam mata pelajaran, program keahlian dan kompetensi keahlian.
Berikut adalah beberapa poin utama terkait struktur Kurikulum Merdeka SMK:

Kemandirian Sekolah:

Kurikulum Merdeka memberikan kewenangan lebih kepada sekolah dalam merancang kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan potensi siswa, serta mengacu pada standar kompetensi.

Penguatan Keahlian dan Kompetensi:

Kurikulum Merdeka fokus pada pengembangan keahlian dan kompetensi sesuai dengan bidang kejuruan di SMK. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan lulusan untuk terjun langsung ke dunia kerja.

Baca juga: Kurikulum Merdeka di SMA: Kenali Karakteristik dan Strukturnya

Integrasi Mata Pelajaran:

Kurikulum Merdeka mendorong integrasi mata pelajaran untuk memberikan pemahaman yang holistik kepada siswa. Pembelajaran tidak hanya berfokus pada satu bidang, melainkan mencakup aspek multidisiplin.

Pengembangan Keterampilan Digital:

Selain keahlian teknis, Kurikulum Merdeka SMK juga menekankan pengembangan keterampilan abad ke-21, seperti keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi.

Penggunaan Teknologi: Kurikulum Merdeka memperhatikan peran teknologi dalam pembelajaran. Pemanfaatan teknologi diharapkan dapat meningkatkan efektivitas proses belajar-mengajar.

Pendekatan Pembelajaran Kontekstual:

Pembelajaran dirancang untuk relevan dengan konteks kehidupan sehari-hari dan kebutuhan industri setempat. Hal ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada siswa tentang aplikasi praktis dari pengetahuan yang mereka peroleh.

Pemetaan dan Evaluasi Kompetensi:

Kurikulum Merdeka menekankan pada pemetaan dan evaluasi kompetensi yang terintegrasi. Siswa akan dinilai berdasarkan pencapaian kompetensi yang sesuai dengan bidang keahlian yang mereka pilih.
Struktur kurikulum SMK/MAK terbagi menjadi 2 (dua), yaitu:

  • Pembelajaran intrakurikuler
  • Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang dialokasikan dari total JP mata pelajaran umum dan beberapa mata pelajaran pilihan per tahun.

Pembelajaran intrakuler di SMK/MAK pun terbagi menjadi 2 (dua), yaitu kelompok mata pelajaran umum dan kejuruan.

Kelompok Umum

Bidang mata pelajaran memiliki peran penting dalam membentuk murid menjadi individu yang utuh sesuai dengan tahap perkembangannya. Harapannya, murid dapat menginternalisasi norma-norma kehidupan sebagai individu dan anggota masyarakat, serta sebagai warga negara Indonesia dan dunia.
Beberapa mata pelajaran yang termasuk dalam kelompok umum:

1.Proyek IPAS

mencakup mata pelajaran yang bertujuan mengembangkan literasi sains dengan memfokuskan pada aspek-aspek ilmu pengetahuan alam dan sosial. Materi yang disampaikan dalam mata pelajaran ini diintegrasikan ke dalam tema-tema kehidupan yang bersifat kontekstual dan aktual.

2. Bahasa Inggris dan Matematikadi kelas 10 mencakup materi umum dan dasar. Namun, di kelas 11 dan 12, dua mata pelajaran ini menekankan pendalaman materi secara kontekstual terkait dengan substansi kejuruan pada masing-masing Program Keahlian.

3. Mata pelajaran Informatika

dirancang serupa dengan satuan pendidikan lain, tetapi memiliki fleksibilitas untuk disesuaikan dengan Program Keahlian peserta didik.

Kelompok Kejuruan

Kelompok mata pelajaran ini berperan penting dalam membentuk murid agar memiliki kompetensi sesuai dengan perkembangan dunia kerja, serta mendapatkan pemahaman yang baik tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya.
Beberapa mata pelajaran dalam Kelompok Kejuruan di SMK/MAK melibatkan:

1. Mata Pelajaran Kejuruan:

Pada tingkat kelas 10, fokus mata pelajaran kejuruan adalah pada pembelajaran dasar-dasar Program Keahlian. Sedangkan di kelas 11 dan 12, materi melibatkan kelompok unit kompetensi yang dikembangkan secara lebih teknis, sesuai dengan Konsentrasi Keahlian yang dipilih oleh siswa.

2. Mata Pelajaran Kreatif dan Kewirausahaan:

Mata pelajaran ini berfungsi sebagai wadah bagi siswa untuk mengaktualisasikan dan mengekspresikan kompetensi yang mereka kuasai. Hal ini diwujudkan melalui pembuatan produk atau layanan jasa secara kreatif dan memiliki nilai ekonomis.

3. Mata Pelajaran Pilihan:

Siswa memiliki kebebasan untuk memilih mata pelajaran sesuai dengan minat dan rencana pengembangan diri mereka. Pilihan ini dapat melibatkan mendalami mata pelajaran kejuruan di dalam konsentrasi keahliannya, mata pelajaran kejuruan lintas konsentrasi keahlian, mata pelajaran umum, atau mata pelajaran kelompok pilihan yang diajarkan di fase F SMA/MA.

Berikut ini tabel mata pelajaran untuk Kurikulum Merdeka SMK:

Ingin mengelola kegiatan administrasi dan keuangan sekolah dengan sistem digital?

Coba Demonya secara GRATIS di

demo.adminsekolah.net

atau

Hubungi admin kami untuk agendakan Zoom di 0812-3364-0003

Jangan Lewatkan Kesempatan Ini!!!
Promo Hemat Up To 2JUTA
Claim Promo Sekarang
Kouta Terbatas!!!
Tim CS kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!