Kriteria Sekolah yang Baik Menurut Prof. Aried Rachman

shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
Kriteria Sekolah yang Baik

Prof. Dr. H. Arief Rachman, M. Pd. adalah seorang guru dan tokoh pendidikan Indonesia. Beliau mengatakan sekolah yang bagus adalah sekolah yang suasana belajarnya menyenangkan untuk anak. Selain itu, masih ada beberapa kriteria sekolah yang baik menurutnya. Pakar pendidikan ini membagi setidaknya 10 kriteria untuk memilih sekolah yang baik bagi anak.

 

10 Kriteria Memilih Sekolah untuk Anak

Kepemimpinan Sekolah Profesional

Sekolah yang bagus adalah sekolah yang gaya kepemimpinannya partisipatif, tegas dan bertujuan. Selain itu sekolah yang baik adalah sekolah yang pemimpinnya mempunyai keterampilan, kemampuan dan kemauan untuk memajukan sekolah.

Ia menyarankan begitu cari sekolah, ketemu kepala sekolahnya. Ketika wajah kepala sekolah kencang jangan masuk ke sekolah itu. Tapi kalau dia ramah dan baik bisa jadi pilihan

 

Visi dan Misi Sekolah Dipahami dan Dilaksanakan

Sekolah yang baik adalah sekolah yang memiliki kesatuan pandangan dan arah mengenai visi. Selain itu, sekolah baik itu konsisten dalam pembuatan dan pelaksanaan aturan. Di sekolah itu juga ada kebersamaan.

 

Suasana Pembelajaran Menyenangkan

Ciri sekolah yang baik terutama adanya atmosfer suasana yang mendukung. Serta lingkungan kerja yang menyenangkan.

 

Baca Juga: Kompetensi Kepemimpinan Digital yang Perlu Dikembangkan oleh Guru

 

Kegiatan Saling Mendukung 

Kegiatan pembelajaran di sekolah sangat beragam seperti intra dan ekstrakurikuler berjalan secara seimbang dan saling mendukung. Sekolah yang baik itu berkonsentrasi pada pembelajaran, optimalisasi waktu pembelajaran, penekanan pada keahlian akademik serta fokus pada pencapaian prestasi.

 

Guru Mempunyai Perencanaan Pembelajaran

Sekolah yang baik juga bisa dilihat dari kualitas guru-gurunya. Dimana sanga guru harus terorganisasi dengan baik, terstruktur dengan jelas dan mempunyai target yang jelas. Selain itu, guru juga sebaiknya mengkomunikasikan pembelajaran pada siswa dan adanya fleksibilitas sesuai dengan kondisi siswa.

 

Program Positif

Semua program-program yang positif mendapat penguatan dari sekolah, orangtua, dan siswa. Di sekolah yang baik harus ada penegakan disiplin yang adil, transparan dan jelas. Adanya umpan balik terhadap perkembangan yang dicapai.

 

Monitoring

Sekolah melakukan monitoring dan evaluasi secara terprogram dan berdampak terhadap perbaikan sekolah. Sekolah yang baik juga harus melakukan monitoring kemajuan siswa setiap saat. Juga harus ada evaluasi kemajuan sekolah secara berkelanjutan.

 

Hak dan kewajiban siswa dipahami dan dilaksanakan dengan baik di sekolah

Sekolah yang baik juga harus ada keseimbangan antara hak dan kewajiban.  Hak dan kewajiban siswa dipahami dan dilaksanakan dengan baik di sekolah. Sehingga percaya diri siswa muncul. Selain itu, siswa diberi peran dan tanggung jawab, juga diberi kesempatan untuk mengontrol peran dan tanggung jawab mereka sendiri.

 

Baca Juga: Tinggalkan Form Pendaftaran Manual Ubah ke Digital

Terbangunnya Kemitraan 

Sekolah yang baik juga harus melibatkan orang tua. Pelibatan orangtua dalam program-program anak di sekolah dan pelibatan orangtua dalam program-program anak di rumah.

 

Munculnya Kreativitas dalam Organisasi Sekolah

Semua stakeholders sekolah (guru, kepala sekolah, siswa, pegawai sekolah dan orangtua) merasa terlibat dalam pengembangan diri demi kemajuan bersama.

 

Ingin Tau Cara Kerja Aplikasi Presensi Melalui Selfie?
Simak Video Berikut:

Tim CS kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!