Pakai Software Sekolah Online Mudahkan Administrasi Kesiswaan

shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
pakai software sekolah online

 

Pengertian Administrasi 

Pengertian administrasi secara luas adalah aktivitas kerja sama yang dilakukan sekelompok orang. Aktivitas kerja sama tersebut ditentukan berdasarkan pembagian kerja yang telah disesuaikan secara terstruktur untuk mencapai tujuan bersama secara efektif dan efisien.

Administrasi secara sempit adalah sebuah kegiatan penyusunan dan pencatatan data serta informasi secara sistematis. Dalam pengertian ini kegiatan administrasi berfungsi sebagai penyedia keterangan sekaligus memudahkan untuk mendapatkan informasi kembali.

 

Tujuan Administrasi

Kegiatan administrasi di sekolah memiliki beberapa tujuan, diantaranya.

 

Memantau Kegiatan Administrasi

Administrasi adalah kegiatan yang berkaitan dengan banyak hal sehingga harus dikerjakan secara sistematis dan teratur. 

Menerapkan administrasi yang baik menjadikan sekolah dapat memantau kegiatan yang dilakukan (seperti kegiatan apa, bagaimana, dimana, kapan, dan mengapa)

 

Evaluasi Kegiatan Organisasi

Kegiatan administrasi akan memudahkan sekolah untuk melakukan evaluasi kegiatan sekolah. Salah satu bentuk evaluasi kegiatan yang dilakukan biasanya berdasarkan hasil informasi dan data yang ada.

Tentu dengan adanya evaluasi, sekolah menjadi lebih memahami proses kegiatan dan kendala selama pelaksanaannya.

 

Memastikan Keamanan Bagi Kegiatan Organisasi

Setiap organisasi sekolah membutuhkan kepastian keamanan saat melakukan sebuah program sekolah. Oleh karena itu, setiap sekolah membutuhkan pengadministrasian yang baik untuk memantau seluruh aktivitas dari dalam maupun luar sekolah. Selain itu, adanya proses administrasi tersebut membuat setiap aktivitas maupun transaksi dapat tercatat secara terperinci dan jelas.

 

Cara Kerja Administrasi

Seorang administrator memiliki tugas utama yaitu kegiatan yang berkaitan erat dengan korespondensi, penyimpanan serta penataan dokumen, data entry dan membantu unit-unit yang membutuhkan data. Administrator nantinya akan menjadikan tugasnya tersebut menjadi sebuah laporan yang akan diserahkan kepada pihak manajemen.

 

Baca Juga:

 

Administrasi Kesiswaan

Salah satu administrasi yang menyita banyak waktu adalah administrasi siswa. Administrasi siswa perlu dilakukan tiap hari, minggu, bulan, maupun tiap semester baru. Administrasi kesiswaan yang perlu dikelola seperti.

Data Siswa

Data yang berisi Nomor Induk Siswa, data pribadi siswa, data keluarga atau orang tua. Dilengkapi dengan foto siswa.

Izin Pergi/Pulang

Data yang berisi izin pergi atau pulang siswa sehingga memudahkan monitoring sekolah kepada siswa.

Rekap Presensi

Data rekapan kehadiran siswa. Biasanya direkap selama satu bulan sekali, tetapi pelaporannya diserahkan saat pembagian bersama dengan laporan hasil ujian di tengah semester dan akhir semester.

 

Mudahkan Administrasi Kesiswaan dengan Software Sekolah Online

 

Administrasi kesiswaan adalah usaha dan kegiatan yang meliputi pengaturan tentang administrasi yang berkaitan dengan siswa. Administrasi bidang kesiswaan mencakup ruang lingkup pencatatan data dan pelaporan. 

Ditinjau dari segi pembinaan maupun segi penertiban administrasi, masalah pencatatan data dan pelaporan ini sangat penting. Keduanya sama penting dan saling berkaitan, dan untuk itu perlu disediakan format-format untuk menunjang pencatatan dan pelaporan tersebut.

Untuk memudahkan proses administrasi kesiswaan, software sekolah online akan membantu para administrator sekolah dalam mengelola data kesiswaan. Kemudahan-kemudahan itu seperti.

 

Pembaruan Data

Data-data siswa yang mungkin dulunya masih tersimpan dalam buku induk ataupun excel sekarang sudah dapat berpindah ke data online yang datanya akan ditampilkan secara real time (bila ada pembaruan data maka data pada software akan otomatis terupdate). Hal ini akan memudahkan bila administrator sekolah lebih dari 2 orang.

 

Minimalisir Data Hilang

Data pada software sekolah online akan tersimpan dalam sistem cloud. Hal ini memudahkan administrator untuk membuka data pada berbagai perangkat. Tidak harus di pc yang selalu digunakan administrator. Dan data lebih aman karena minim data bisa hilang pada sistem karena terkena virus, tidak sengaja terhapus, ataupun pc/laptop rusak. Meskipun harus berganti perangkat software ini tetap bisa dibuka. Pasalnya software sekolah online merupakan software yang tidak perlu diinstal pada pc/laptop/hp/tab. Administrator hanya membutuhkan jaringan internet saja untuk membuka software sekolah online ini.

 

Rekap Presensi Otomatis

Bila administrator menggunakan software sekolah online, maka rekap presensi dapat terbuat secara otomatis oleh sistem. Pihak sekolah hanya perlu cetak presensi saja setiap bulan.

Jadi, masih ragu untuk menggunakan Software Sekolah Online untuk memudahkan proses administrasi kesiswaan lembaga? Coba demo aplikasinya sekarang yuk. GRATIS, loh. 

 

Jangan sampai sekolahmu tertinggal oleh sekolah yang lain. Modernkan sistem administrasi sekolah Anda dengan software sekolah online.

 

GRATIS COBA DEMONYA

ATAU

adminsekolah.net

Jangan Lewatkan Kesempatan Ini!!!
Promo Hemat Up To 2JUTA
Claim Promo Sekarang
Kouta Terbatas!!!
Tim CS kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!