3 Keunggulan Kurikulum Merdeka yang Perlu Diketahui 

shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
3-Keunggulan-Kurikulum-Merdeka

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Nadiem Makarim, menuturkan ada tiga keunggulan kurikulum merdeka dibandingkan kurikulum lainnya. Penuturan ini disampaikannya dalam acara peluncuran Merdeka Belajar episode 15: Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar,  di kanal YouTube Kemendikbud RI pada Kamis, 17 Februari 2022.

1. Kurikulum Merdeka Lebih Sederhana dan Mendalam

Materi akan difokuskan pada materi yang esensial serta memaksimalkan kompetensi siswa sehingga pembelajaran lebih mendalam dan tidak terburu-buru.“Pertama, lebih sederhana, lebih mendalam, standar pencapaiannya jauh lebih sederhana, materinya lebih sedikit sehingga memberikan waktu pada guru untuk mendalami setiap konsep pembelajaran,” ujar Nadiem Makarim.

2. Kurikulum Lebih Merdeka

Merdeka untuk siswa, guru, dan sekolah. Merdeka untuk siswa karena dalam Kurikulum Merdeka siswa dapat bebas memberikan pendapatnya dalam proses belajar. Kemudian, siswa juga merdeka untuk program SMA sudah tidak ada program peminatan atau kejuruan. Siswa dapat memilih mata pelajaran sesuai dengan bakat dan selaras dengan pekerjaan impian.

“Keunggulan kedua dari pada kurikulum merdeka adalah ya kemerdekaannya sendiri dan otonomi yang diberikan. Saya berikan beberapa contoh di dalam program SMA tidak ada program peminatan, atau kejuruan, akan tetapi siswa dapat memilih mata pelajaran sesuai dengan bakat,” ujarnya.

Merdeka untuk guru yang dimaksud adalah dapat mengajar sesuai tahap capaian dan perkembangan peserta didik. Sedangkan merdeka untuk sekolah adalah memiliki wewenang mengembangkan kurikulum dan pembelajaran sesuai dengan karakteristiknya.

3. Kurikulum Merdeka Lebih Relevan dan Interaktif

Menurut Nadiem Makarim, kurikulum ini memberikan kesempatan lebih luas kepada peserta didik untuk secara aktif mengeksplorasi isu-isu aktual, misalnya lingkungan, kesehatan dan isu lainnya.

Dengan mengeksplorasi isu-isu yang ada, nantinya karakter akan terbangun melalui kerja sama, gotong-royong bersama teman-temannya atau gurunya, untuk melakukan proyek-proyek dalam lingkungan Kebhinekaan.

Itu tadi ketiga keunggulan Kurikulum Merdeka yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional, Nadiem Makarim. 

Sudahkah sekolah Anda menerapkan Kurikulum Merdeka? Jika belum, tidak ada masalah karena Kurikulum Merdeka merupakan sebuah pilihan. Bagi sekolah yang belum mampu menerapkan kurikulum ini dapat menerapkan Kurikulum 2013 ataupun Kurikulum Darurat.

Temukan konten menarik lainnya di adminsekolah.net

———————————————————–

Aplikasi Manajemen Sekolah

Bila Anda membutuhkan sebuah aplikasi yang dapat membantu dalam mengelola manajemen, administrasi, dan keuangan lembaga sekolah, Anda dapat menggunakan aplikasi AdminSekolah.net.

Aplikasi ini berbasis cloud sehingga dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Aplikasi ini pun dapat diakses menggunakan berbagai perangkat seperti PC, Laptop, Tablet, maupun Gawai. Jadi, tunggu apa lagi, segera coba demonya sekarang di demo.adminsekolah.net.

Jangan Lewatkan Kesempatan Ini!!!
Promo Hemat Up To 2JUTA
Claim Promo Sekarang
Kouta Terbatas!!!
Tim CS kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!