5 Fitur Platform Merdeka Mengajar yang Dapat Digunakan Pengajar

shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
5 Fitur Platform Merdeka Mengajar

Platform Merdeka Mengajar yang diluncurkan pada 11 Februari, merupakan platform yang memiliki visi menciptakan ekosistem pembelajaran yang kolaboratif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran dan iklim kerja yang positif.

Platform Merdeka Mengajar

Merdeka Mengajar adalah platform edukasi yang memiliki tiga fungsi utama yaitu membantu guru untuk mengajar, belajar, dan berkarya. 

Platform ini memiliki tujuan untuk mengembangkan kompetensi guru agar dapat mengajar sesuai level kompetensi murid dan sebagai sarana menyalurkan karya inspirasi untuk guru lainnya. Berikut ini 5 fitur yang bisa dimanfaat pengajar untuk meningkatkan kompetensinya:

 

Baca Juga: Cegah Hilangnya Data-Data Sekolah dengan Penyimpanan Berbasis Cloud

 

Video Inspirasi

Dalam fitur ini, para pengajar dapat menemukan berbagai video kreatif untuk meningkatkan kompetensi pengajar baik untuk lingkungan sekolah maupun untuk personal.

Pelatihan Mandiri

Tersedia beragam topik pelatihan, materi singkat dan relevan, serta mudah dipraktekkan. Fitur pelatihan mandiri ini dapat diakses pengajar kapan saja dan dimana saja sehingga pengajar mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Bukti Karya Saya

Fitur ini menjadi tempat rekam jejak yang menggambarkan kinerja serta kompetensi yang dapat dibagikan pengajar agar dapat memberi inspirasi maupun bertukar pikiran kepada rekan sejawatnya.

Asesmen Murid

Berisi kumpulan soal untuk pahami level kompetensi murid, sehingga pengajar dapat menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan capaian dan perkembangan murid. Beragam paket soal dapat dibagikan secara daring dan juga luring. 

Perangkat Ajar

Terdapat beragam inspirasi materi ajar berkualitas mulai dari modul ajar, buku teks pelajaran, video pembelajaran, modul projek, dan bahan lainnya dapat diakses pengajar. Perangkat ini dikurasi oleh tim ahli Kemendikbudristek. Saat ini, tersedia lebih dari 2.000 referensi perangkat ajar berbasis Kurikulum Merdeka.

Itu tadi, 5 fitur Merdeka Mengajar yang perlu dipahami pengajar. Sudahkan Anda menggunakan aplikasi ini? 

Bila belum, untuk mengakses Platform Merdeka Mengajar, para pengajar dapat mengunduhnya melalui Playstore atau dapat mengaksesnya melalui website resmi platform merdeka mengajar di https://guru.kemdikbud.go.id/. Selanjutnya, pengajar dapat melakukan login dengan akun belajar.id. Dalam hal ini, semua pengajar yang terdata di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dapat mengakses platform ini.

Tim CS kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!